Sunday, 05 June 2016 05:20

Bonus Tabungan Pemacu Prestasi Featured

Pemberian Bonus Rekornas di Boyolali


Hanya dua minggu setelah mendapat bonus dari PB Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan Yayasan Damandiri atas prestasinya memecahkan rekor nasional (rekornas), atlet nasional Ifan Anugerah Setiawan kembali mengukir namanya dalam daftar pemecah rekornas. Kali ini, atlet atletik asal Jawa Timur tersebut, memecahkan rekornas estafet 4 x 400 meter Yunior di kejuaraan Yunior Asia yang berlangsung di Ho Chi Minh City, Vietnam, senin lalu. Ifan yang berlari bergantian dengan atlet asal Maluku Wempi Pelamonia, Zilser Numberi (Papua Barat) dan Kristian Yommy Gobay (Papua) mencatat waktu 3 menit 14,73 detik.

Ifan bersama tiga kompatriotnya menggusur rekornas milik tim estafet putra nasional yang dibuat delapan tahun lalu oleh Abdul Razak, Fadly Achmad, A.Leonard Tuhumea, dan Nurochman dengan waktu 3 menit 15,99 detik. "Senang banget mas, bisa memecahkan rekornas, dan mendapat bonus tabungan," ujar Ifan kepada GATRA seusai menerima bonus Tabungan masa depan, di Boyolali, Jawa Tengah, ahad dua pekan lalu.

Bonus tabungan masa depan senilai total 50 juta rupiah diserahkan langsung oleh ketua Umum PB PASI Bob Hasan dan ketua Yayasan Damandiri Subiakto Tjakrawerdaya. Bonus tersebut diberikan atas prestasi Ifan memecahkan dua rekornas sekaligus yaitu rekornas 400 meter remaja dan estafet 4 x 400 meter remaja putra di kejuaraan Remaja Asean di Chanthaburi, Thailand, 23-24 April 2016 lalu.

Selain kepada Ifan, PB PASI juga memberikan bonus tabungan masa depan kepada empat belas atlet lainnya pemecah rekornas. Diantaranya, kuartet estafet senior yaitu Yaspi Boby, Iswandi, Fadlin dan Yudi Nugroho yang memecahkan rekornas 4 x 100 m di ajang Singapura Open, Mei 2016 lalu. Tim estafet putra binaan pelatih Eni Sumartoyo tersebut mencatat waktu 39,28 detik atau lebih baik dari rekornas sebelumnya 39,32 detik. Selain keempatnya, terdapat pula atlet lompat tinggi Putri Nadia Anggraini, pejalan cepat putra asal Jawa Barat Hendro (20.000M jalan cepat) dan pejalan cepat asal Sumatera Utara Syafaat Tarigan (10.000 M jalan cepat), pelontar martil yunior putra Deny Putra Yohanes, dan Pelontar martil remaja Rafika Putra yang juga memecahkan rekornas lempar cakram.

Para atlet tersebut memperoleh tabungan masa depan sebesar antara 10 juta rupiah hingga 100 juta rupiah. Menurut Ketua Umum PB PASI Mohamad Bob Hasan, bonus tabungan masa depan yang diperoleh para atlet merupakan pemacu untuk para atlet agar terus berprestasi lebih baik lagi. Bonus dalam bentuk tabungan kali ini, tambah Bob Hasan, baru bisa dicairkan saat para atlet pensiun dari pekerjaaanya atau dari dunia atlet. Para atlet, bisa mengambil bunga dari tabungan tersebut setiap bulannya, yang ditransfer ke rekening masing-masing.

Harapannya, menurut Bob Hasan, saat para atlet tak lagi memiliki pendapatan, tabungan masa depan tersebut, akan menjadi modal usaha bagi para atlet kelak, "Mereka bisa menjadi pengusaha UKM, sehingga penghasilannya tidak terhenti dan menjadi susah saat pensiun nanti," ujar Menteri Perindustrian dan perdagangan era Presiden Soeharto ini.

PB Pasi, menurut Bob Hasan telah sejak lama memikirkan masa depan para atlet paska pensiun dari dunia keatlettan. Selain memberikan bonus, PB PASI juga mencarikan lapangan pekerjaan bagi para atlet dan memberikan beasiswa pendidikan bagi atlet-atlet pelatnas.

Para atlet penerima Bonus tabungan juga menyambut baik niat PB PASI memberikan tabungan masa depan. Sprinter nasional asal Nusa Tenggara Barat, Fadlin mengaku sudah memikirkan akan digunakan untuk apa, uang tabungan masa depan tersebut. "Saya mau usaha di kampung halaman saya di NTB nantinya," ujar Fadlin.

Pemuda kelahiran Sumbawa, 27 tahun lalu ini, juga bertekad untuk terus berprestasi memecahkan rekornas baik di nomor sprint 100 meter yang menjadi nomor spesialisasinya dan estafet 4 x 100 meter. Dengan berprestasi, Fadlin berharap akan memperoleh tambahan bonus tabungan untuk bekalnya di masa depan.

HF

Last modified on Thursday, 08 December 2016 05:26
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…