Wednesday, 24 May 2017 10:47

Indonesia Raih Dua Emas Asian Youth

Penyerahan medali juara 400 m gawang kejuaraan Asia U-18 di bangkok, Thailand, oleh Sekjen PB PASI Tigor Tanjung (Dok PB PASI)

 

Atlet atletik remaja asal Jawa Barat, Halomoan Edwin Binsar Simanjuntak, menciptakan prestasi spektakuler.  Moan-demikian ia biasa disapa, tak hanya mampu memecahkan rekornas, Ia juga mampu memecahkan rekor remaja Asia. 

Hal itu dilakukan Moan di ajang kejuaraan remaja Asia yang berlangsung di Bangkok, Thailand, selasa (23/5). Selain memperbaiki catatan rekornas nomor 110 M yang dipegangnya dari 13,78 detik menjadi 13,73 detik,  Moan yang meraih medali emas juga memecahkan rekor remaja Asia nomor 400 M gawang dengan catatan waktu 51,96 detik atau 0,49 detik lebih cepat dari rekor lama yang dipegang atlet Thailand, Witthawat Thumcha dengan 52,45 detik. “Puji Tuhan, cukup senang meski belum cukup puas karena belum tembus di bawah 50 detik,” ujar Halomoan.

Catatan waktu terbaik Moan sendiri di nomor 400 M gawang yaitu  51,85 detik. Anak bogor kelahiran 20 Desember 2000 ini pun makin pasti bakal menginjakan kaki di ajang Kejuaraan Dunia Atletik U-18 di Nairobi, Kenya, 12-16 Juli 2017. "Pada Kejuaraan Dunia nanti saya ingin menjadi juara, atau minimal bisa mencapai final,” kata Halomoan.

Selain Halomoan, rekor kejuaraan Asia lainnya yang berhasil dipecahkan atlet remaja Indonesia yaitu nomor 400 meter putra. Adalah atlet Jawa Timur Ifan Anugerah Setiawan, yang berhasil memecahkan rekor kejuaraan Asia dengan waktu 47,47 detik atau lebih baik dari rekor sebelumnya dipegang atlet asal Cina Wi Yu Ang 47,55 detik.

Ifan dan Moan sama sama menyumbang medali emas bagi tim merah putih. Perolehan emas yang amat berarti ini dan 3 medali perunggu, membawa tim Indonesia berada di posisi kelima di Asia, di bawah Cina, Taiwan, India dan Korea Selatan. Ifan dan Moan  juga tercatat sebagai dua dari lima atlet remaja Indonesia yang sudah dinyatakan lolos ke Kejuaraan dunia remaja. Tiga nama lainnya yaitu  pelompat galah putra Idan Fauzan, sprinter Lalu Muhammad Zuhri, dan sprinter putri Jeany Nuraini Agreta. Kelimanya telah melampaui limit yang ditetapkan IAAF.

 Sekjen PB PASI Tigor Tanjung menjelaskan bahwa hasil yang diraih para atlet remaja sudah sesuai dengan harapan yang ditargetkan PB PASI. “Ini (keberhasilan)  memang hasil dari Program pembinaan berjenjang yang diterapkan PB PASI,” ujar Tigor Tanjung.

 Hasil ini, menurut Tigor Tanjung, memberi kepercayaan tinggi bagi PB PASI untuk menatap Olimpiade Tokyo 2020 yang merupakan target utama kepengurusan PB PASI. “Sebagian diantaranya kita proyeksikan untuk Olimpiade, dan ada juga yang untuk Asian Games 2018 mendatang,” ujar Tigor Tanjung.

 

 

Daftar Atlet yang Lolos Ke kejuaraan Dunia U-18

 

  1. Halomoan Binsar Simanjuntak 110 M gawang dan 400 m gawang
  2. Ifan Anugerah Setiawan 400 m
  3. Idan Fauzan lompat galah
  4. Lalu Muhamad Zuhri 200 m
  5. Jeany Nuraini Agreta 100 m
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…