Friday, 26 April 2013 04:49

Diet Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan Pada Atlet

Written by
Rate this item
(1 Vote)

Banyak atlet yang berusaha untuk menurunkan berat badan mereka agar dapat memiliki bentuk tubuh yang lebih baik atau bahkan membuat mereka lebih cepat dan tangkas menghadapi kompetisi yang akan diikuti, Menggabungkan makanan yang benar dan jumlah latihan yang tepat akan membuat anda mampu mengurangi berat badan dengan sangat cepat dan membuat anda menjadi atlet yang lebih baik serta efektif. Beberapa cabang olahraga seperti gulat dan tinju memiliki peraturan kelas berat yang memaksa setiap atlet untuk memiliki berat badan di bawah kelas tersebut.

Anda harus dengan tepat mementukan program diet yang bisa menurunkan berat badan anda secara sehat. Program diet yang meminta anda untuk melewati waktu makan dan membuat anda lapar sepanjang hari hanya akan menurunkan kesehatan anda dan membuat performa anda memburuk di hari pertandingan.


Menurunkan sejumlah besar berat badan anda tidak akan bisa dilakukan hanya dalam waktu semalam. Dietitian Jayson Hunter merekomendasikan setiap atlet yang ingin menurunkan berat badan mereka untuk melakukannya dengan perlahan-lahan. Untuk idealnya, anda tidak boleh menurunkan berat badan anda lebih dari 1 kilogram tiap minggunya. Anda dan pelatih anda pasti telah menetapkan goal di saat liburan dan menurunkan berat badan pasti salah satu program yang dicanangkan. Jika anda sukses menurunkan berat badan secara ideal, maka bisa dipastikan anda akan mampu bermain dengan jauh lebih baik dibandingkan 6 bulan yang lalu.
Jangan pernah mencoba untuk mengurangi sebagian besar berat badan anda sekaligus. Seorang periset nutrisi bernama Christopher D. Jensen, mengatakan bahwa ketika anda mengurangi berak badan anda sebanyak setengah kilogram setiap minggunya, maka anda harus mengurangi asupan kalori sebanyak 600 kalori di saat yang sama. Dan ketika kompetisi anda telah berakhir, maka anda diharuskan untuk mengambil istirahat selama 4 minggu untuk membiarkan tubuh anda segar kembali setelah mengalami tekanan fisik yang cukup berat. Usahakan untuk menghindari mengurangi berat badan anda ketika sedang berkompetisi karena hal tersebut dapat berakibat buruk pada kesehatan dan performa anda.


Karbohidrat, protein dan lemak adalah 3 nutrisi utama pada tubuh setiap atlet yang menentukan lonjakan performa mereka di lapangan. Usahakan untuk menghindari alkohol dan sesuatu yang manis karena hal tersebut akan membiarkan tubuh anda untuk menyerap kalori secara berlebihan. Hal ini akan berakibat sebaliknya pada usaha anda untuk mengurangi berat badan. Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh anda dan anda harus mengkonsumsi sebanyak 7 gram setiap harinya. Protein adalah nutrisi yang sangat berguna untuk memperbaiki jaringan nutrisi tubuh serta membangun jaringan otot anda. Jika anda berada pada cabang olahraga yang cukup berat, maka anda harus mengkonsumsi 1,3 kilogram protein setiap harinya. Dan bila anda membutuhkan latihan beban dan kekuatan, maka anda secara otomatis harus menambah asupan protein anda sebanyak 1,6 kilogram sehari.


Lemak adalah salah satu sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh anda. Banyak program diet yang menghilangkan makanan dengan konsentrasi lemak yang tinggi dalam pola makan anda, tetapi sebenarnya tubuh anda juga membutuhkan lemak tersebut tetapi lemak yang sehat. Lemak bisa membantu otak, jantung dan paru-paru untuk berfungsi secara optimal. Ketiga organ vital tersebut sangat dibutuhkan oleh setiap atlet agar performa yang mereka tunjukkan di atas lapangan dapat ditunjukkan semaksimal mungkin. Anda harus menghindari trans-fat sesering mungkin. Lemak jenis ini banyak ditemukan pada makanan yang digoreng dan makanan yang dibakar. (Jurnal Kedokteran //www.fakultaskedokteran.com)

Read 7083 times Last modified on Thursday, 08 December 2016 05:10
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…