Wednesday, 26 March 2014 02:41

Menu Sebelum dan Sesudah Olahraga

Written by
Rate this item
(0 votes)

Asupan makanan sebelum dan setelah olahraga adalah bagian penting untuk memperoleh nutrisi maksimal. Selain aktivitas fisik, makanan berpengaruh bila ingin menurunkan berat badan atau memiliki tubuh ideal.

Makanan kaya protein akan mendukung kekuatan selama olahraga. Sedangkan kombinasi makanan protein dengan indeks gula rendah dan protein akan menjadi sumber tenaga saat melakukan latihan intens.

Agar memastikan tubuh bisa menyerap dan menggunakan makanan dengan baik, sebaiknya perhatikan waktu konsumsinya. Karbohidrat memiliki waktu metabolisme cepat, sekitar 30 menit, sedangkan protein bisa mencapai dua jam. 

Mengutip Body and Soul, ada lima menu sederhana kaya protein yang dapat dinikmati sebelum dan sesudah olahraga.

 

Sebelum olahraga:

Kombinasi kacang-kacangan

Agar tubuh memperoleh asupan protein, kacang-kacangan sangat baik untuk meningkatkan metabolisme. Kacang-kacangan memiliki asam lemak esensial, serat, protein, seng, magnesium, vitamin E dan B6 serta folat.

Telur

Telur mengandung konsentrasi tinggi protein daripada sebagian besar makanan lain. Telur juga mengandung delapan asam amino esensial yang dibutuhkan untuk pemulihan otot yang efektif.

Protein Bar

Walaupun banyak beredar protein bar, tetapi tidak semuanya memiliki kandungan sama. Sebagian diklaim sehat, namun ternyata kandungan gula di dalamnya lebih banyak daripada yang dianjurkan. Untuk itu, disarankan makan protein bar yang mengandung bahan-bahan alami dan pastikan mengecek kadar gulanya. 

Alpukat 

Protein alpukat sangat mudah diserap tubuh karena kandungan serat tinggi dalam buah ini. Alpukat juga penuh dengan lemak jenuh, asam folat dan vitamin C, E dan K. Konsumsi alpukat setelah olahraga untuk menggantikan energi yang hilang. 

Ayam

Ayam mengandung lebih banyak protein dan lebih sedikit lemak daripada daging merah. Agar nutrisi vitamin dan mineral yang diperoleh maksimal, pilih ayam organik. 

 

Sesudah olahraga:

Usai olahraga, tubuh perlu memulihkan tenaga. Ada lima camilan sehat yang takkan menambah lingkar pinggang, yaitu:

Pisang

Buah ini tinggi kalium, enak dan murah serta sumber karboidrat penghasil energi. Pisang adalah camilan bagi pecinta kardio.

Oatmeal gandum 

Gandum adalah makanan lezat yang mudah dicerna sebelum atau setelah olahraga. Serat larut dalam oatmeal juga dapat membantu turunkan kolesterol. Kombinasikan dengan buah untuk menghasilkan efek antioksidan maksimal. 

Ubi jalar

Sebagai sumber karbohidrat, tanaman rambat ini dilengkapi vitamin dan mineral. Makan ubi jalar panggang dengan salad atau mengolahnya menjadi smoothies akan memberi suntikan energi menyehatkan. 

Sayuran hijau 

Brokoli, kacang hijau, selada, dan sayuran hijau lainnya membantu untuk mengatur nafsu makan, memperlambat pelepasan nutrisi lain dan meningkatkan penyerapan protein. Sayuran hijau juga membersihkan sistem tubuh dan memperbaiki metabolisme.

Quinoa 

Makanan satu ini banyak dibicarakan sebagai makanan super karena merupakan karboidrat kompleks dan indek glikemik rendah. Keunggulan lainnya, quinoa memiliki kandungan protein lebih tinggi daripada kentang atau nasi. Di dalamnya juga mengandung asam amino yang dibutuhkan tubuh Anda untuk memperbaiki dan memulihkan tubuh (viva.co.id)

 

Read 17675 times Last modified on Thursday, 08 December 2016 05:08
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…